Selasa, 14 Desember 2010

Instal Pertama Kali!!!


Jika Anda mempunyai laptop baru, apa yang pertama kali diinstal?
Yo, komparasikan dengan aku :
1. Linux
Ya, linux! Daripada yang enggak-enggak wkkwkwkw. Linux juga bisa dipakai untuk internetan lho, baik yang wifi maupun kabel. Tampilannya juga tidak kalah keren, lebih keran malah menurutku. Sumber terbuka dan free alias gretongan.

Upss bagi Anda yang kurang sreg, ayo dibikin nyaman. Jika Anda mempunyai laptop dengan OS bundling Windows 7, program apa yang pertama diinstal. Kalau aku :

1. Mozilla Firefox
Ini browser andalan untuk berinternet. Setelah lagi-lagi dinyatakan sebagai browser terbaik di dunia. Mozilla memang bagus, cepat, simpel, dan mempunyai dukungan add on yang bejibun. Temanya juga bervariasi. Silahkan lihat di sini.

2. Add on Downthemall (DTA)
Ini merupakan pengaya bagi browser Mozilla Firefox. Fungsinya semacam download manager. Dengan DTA ini, download akan lebih wus wus wus. Ini merupakan dowload manager yang direkomendasikan sendiri oleh Mozilla, bahkan setahu saya sekarang sudah diakusisi oleh Mozilla. Kelebihannya adalah dapat membagi sebuah file unduhan menjadi 5 bagian. Jadi misalnya, kita mengunduh sebuah file 10Mb, DTA ini akan membagi menjadi 5 bagian. Masing-masing bagian akan diunduh sendiri-sendiri, jadi masing-masing akan mengunduh kira-kira 2Mb. Setelah selesai, baru akan digabungkan otomatis menjadi satu file 10Mb yang utuh. DTA ini juga dapat mempause atau menghentikan unduhan untuk kemudian kita lanjutkan lagi, istilahnya resumable. Jadi kita tidak risau jika unduhan sudah berjalan 97%, dan koneksi mati. Tinggal dilanjutkan sisanya nanti ketika koneksi hidup, tidak perlu menunggu dari awal. Meskipun harus diingat, tidak semua server unduhan mengijikan cara kerja DTA ini. Setahu saya Ziddu.com dan 4shared.com tidak mengizinkan ini. Untuk mengunduh pengaya ini silahkan klik di sini.

3. YM (Yahoo Messenger)
Untuk ngecet. Meskipun saya menyarankan membuat email dengan akun di Gmail, tetapi untuk urusan chatting, Yahoo masih mengungguli Google. Sebenarnya Google juga mengeluarkan aplikasi messengernya, namannya Gtalk. Cuma pengguna Gmail masih sedikit, sehingga Gtalk untuk saat ini hampir sia-sia. Ketika saya ol di Gtalk, tidak ada satupun teman yang ol. Jika ol di YM, rata-rata pasti ada 7-10 teman yang ol juga. Ini disebabkan Yahoo memberi fasilitas email lebih dahulu daripada Google. Otomatis pengguna akun Yahoo lebih banyak daripada Gmail. Hal ini diperparah *walah, dengan ketidaktahuan masyarakat bahwa ada akun Gmail. yang lebih bagus dari Yahoo, menurut saya. Teman-teman yang belum punya email cenderung membuat akunnya di Yahoo. Yah, nasib deh Google. Atau saya salah ya?

4. OpenOffice
Seperangkat aplikasi kantoran pengganti Ms Word, Excel, Power Point, dll. Ya, dengan openoffice Anda tidak perlu buang-buang uang untuk membeli lisensi Ms Office. Openoffice itu gratisan alias gretongan. Fiturnya hampir sama dengan Ms Office. Semua yang ada di Ms Office kurang lebih ada juga di Openoffice. Jadi jika bisa gratis kenapa juga bayar. Kunjungi webnya di sini.


5. Media Player Classic (K-Lite Codec Pack)
Player segala file. Kayaknya ini player paling favorit kebanyakan pengguna komputer. Kelebihannya adalah dapat memainkan hampir semua format file audio maupun video.



*Segala tulisan sepenuhnya pendapat saya, jadi mungkin ada sesuatu yang salah. Silahkan dikoreksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejak Anda di sini!