Jumat, 17 Desember 2010

Maskam UGM, Sedekah, dan Yusuf Mansur!

Anda pasti tahu Yusuf Mansur kan? Sudah pernah dengar ceramahnya? Jangan dengarkan, atau Anda akan sangat ingin menghabiskan uang Anda, bersedekah :p

Tidak, saya tidak ingin bercerita tentangnya. Ini cerita saya saat di maskam.

Saat itu, kira-kira dua tahun yang lalu, aku solat jumat di maskam, UGM. Memilih tempat di lantai dua, yang sebelah selatan, tetapi mepet ke utara, biar bisa lihat khotibnya.

Wah, ternyata khotibnya Yusuf Mansur. Asyik nih. Sayangnya sistem suaranya pas jelek mungkin, saya tidak dengar apa yang diucapkan, begitu juga sebelah saya. Ya sudah. Semua masih tampak normal.

Pas iqomah mulai ada yang aneh. Beliau menggelar sajadah di belakang imam. Kukira dia akan menjadi imam, ternyata tidak. Letak sajadah yang digelarnya jadi aneh, berada diantara imam dan sof pertama. Aku penasaran, untuk apa sajadah itu.
Dan, memang dahsyat!

Setelah salam, sekonyong-konyong jamaah mulai meletakkan uangnya ke atas sajadah, terus dan terus, yang belakang merangsek maju, membuka dompet, mengeluarkan semua uang, dan meletakkannya di atas sajadah. Yusuf Mansur sudah pergi.

Hanya dalam sekejap sudah teerbentuk gunungan uang, di atas sajadah, biru, wah banyak lima puluh ribunya.

Sajadah tak cukup lagi menampung, maka diambilah, dimasukkan ke dalam kotak, sementara tangan-tangan jamaah terus mengulur, memberikan harta yang mereka miliki. Dari lantai dua saya dengan jelas melihatnya. Uang, hp, stnk+kunci motor, dan atm, semuanya masuk kotak. Ada yang mengambil kartu atmnya, menulis pin di kartunya, memasukkannya ke kotak. Dahsyat nian!
......

Jumat minggu depannya aku jumatan di sini lagi. Hahaha di gerbang, dekat maket maskam, ada dua motor, bertuliskan, motor dijual, uangnya untuk sedekah maskam. Aku menduga ini paling yang kemarin memasukkan stnk+kunci.

Pengumuman perolehan sedekah. Anda tahu berapa? Fantastis! Seingat saya 104juta!!, 10dolar, 6 hp, dan motor!!

Mangstab, seratus juta lebih hanya dalam setengah jam. Keren!
Dia bilang apa saat khotbah?

tu pertanyaannya.

.....

Beberapa waktu setelah itu, aku lihat kejadian serupa di TvOne, Yusuf Mansur juga. Cuma ini kebanyakan ibu-ibu.

Anda tahu gunungan apa yang terbentuk di atas sajadah?

Gunungan emas, cincin, kalung dan gelang.

Hahaha

......

Salah satu hikmah yang bisa diambil : jika masjid di tempat Anda butuh dana, undang saja beliau tuk jadi khotib :p

Wayooo!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejak Anda di sini!